Pesona wisata laut kepulauan raja ampat papua, Indonesia

Sebuah kebanggaan tersendiri,jika mengingat betapa Negara Indonesia dikaruniai keindahan alam yang seakan tak pernah ada habisnya untuk dikupas satu persatu. Raja Ampat, adalah salah satunya, sebuah kabupaten baru hasil dari pemekaran Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat, Indonesia.
 Kepulauan ini memiliki wilayah seluas sekitar 46.000 km2, dengan luas daratan 6.000 km2 dan 40.000 km2 sisanya adalah lautan, dan terdiri dari 610 pulau, empat pulau besar diantaranya adalah pulau Misool, Salawati, Batanta, dan Waigeo.
Kepulauan Raja Ampat berpenduduk 31.000 jiwa, berdiam dan menempati 35 pulau diantara 610 pulau yang ada, sedangkan sisa pulau yang ada, belumlah terjamah dan masih asri, dengan pesona keindahannya yang memikat.
Kepulauan Raja Ampat merupakan tempat yang sangat berpotensi untuk dijadikan sebagai objek wisata, terutama wisata penyelaman ( diving ). Perairan Kepulauan Raja Ampat menurut berbagai sumber, merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik untuk diving site di seluruh dunia. Bahkan, mungkin juga diakui sebagai nomor satu untuk kelengkapan flora dan fauna bawah air pada saat ini. Betapa tidak, terumbu karang di laut Raja Ampat, menurut beberapa penelitian dan riset yang telah dilakukan, dinilai sebagai kepulauan dengan terumbu karang terlengkap di dunia. Dari 537 jenis karang dunia, 75 persennya berada di perairan ini.
Ditemukan pula 1.104 jenis ikan, 669 jenis moluska (hewan lunak), dan 537 jenis hewan karang. Sungguh merupakan pengalaman berlibur yang tak akan disesali jika kita menyempatkan diri mengunjungi kepulauan Raja Ampat, menikmati keindahan keanekaragaman biota laut yang ada, memanjakan mata dengan indahnya hamparan pasir putih dan pemandangan yang begitu alami dan asri.
0 Responses

Poskan Komentar